Agenda dan Kegiatan

Rembug Stunting Pencegahan Dan Penanganan Stunting

www.desabira.com – Stunting adalah Sindrome / masalah gagal tumbuh pada anak (balita) akibat kekurangan gizi dan infeksi berulang serta stimulasi psikologis yang tidak memadai terutama pada 1000 hari kehidupan sehingga anak lebih pendek untuk usianya ( WHO 2019 ).

Untuk menekan angka stunting maka di adakanlah sosialisasi ini yang dilaksanakan hari Selasa, 29 Maret 2022. Pemerintah Desa Bira melaksanakan Rembug Stunting yang berpusat di Gedung Masyarakat Desa Bira yang dihadiri oleh Bapak Camat Bontobahari Andi. Syamsir Achyat Patunru, S.Pt. selaku ketua penanganan stunting Kec. Bontobahari, Kepala Desa Bira, Kepala UPT DPPKB, Pendamping Desa Kab. Bulukumba, Pendamping Desa Kec.Bontobahari, para Akademisi, BPD, Guru Paud, Kader Posyandu, Toko Masyarakat, RT/RW se Desa Bira.

Acara ini di buka langsung oleh Kepala Desa Bira, dengan penyampaian tentang Rembug Stunting untuk pencegahan anak-anak yang pertumbuhannya terganggu, selanjutnya di lanjutkan dengan pemaparan mengenai stunting dari Bapak Camat Bontobahari selaku Ketua Penanganan Stunting beliau menyampaikan bahwa yang menjadi sasaran utama yaitu Remaja, Calon pengantin, Ibu hamil, Ibu menyusui dan Anak berusia sampai dengan 59 bulan.

Di lihat dari prevelansi stunting tahun 2021 persentasi angka Stunting di Provinsi Sulawesi Selatan khusunya di Kab.Bulukumba sebesar 30,08 % dengan jumlah sebaran keluarga beresiko Stunting sebanyak 3.487. Maka dari itu, Bapak Camat berharap kepada semua pihak yang terliabat di dalamnya untuk fokus bagaimana kedepannya di tahun 2024 di targetkan harus turun minimal 14%.

Dilanjutkan penyampaian materi oleh Bapak Darman, S.Sos dan Bapak Hamzah S,Hi. Materi yang disampaikan meliputi diskusi terarah terkait dengan usulan pembangunan Rumah Desa Sehat (RDS) dan Bimbingan Keluarga Berencana. Setelah dilakukan pembahasan materi, beberapa hal yang menjadi kesepakatan akhir dari pertemuan diantaranya harus ada penambahan sarana prsarana pelaksanaan posyandu, melakukan sosialisa ke masyarakat, dan beliau berharap dengan adanya Posyandu dapat mencegah terjadinya stunting di Desa Bira.

Show More
Back to top button