Agenda dan Kegiatan

Pemdes Bira Adakan Edukasi Kelas Ibu Hamil dan Balita

www.desabira.com – Rabu, 26 Juli 2023 bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Bira, Pemerintah Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba menyelenggarakan Edukasi Kelas Ibu Hamil dan Balita dengan menghadirkan 2 Narasumber yaitu dari unsur Bidan hingga Ahli Gizi dari Puskesmas Bontobahari.

Acara dimulai pukul 9:30 WITA dan di hadiri oleh Kepala Desa Bira Murlawa SE, Bidan Koordinator Puskesmas Bontobahari Ibu  Hj. Nihlawani, Ahli Gizi Puskesmas Bontobahari ibu Nuridah, Kader Posyandu Desa Bira, Kader KPM, Bidan Desa, Perawat Desa, Perangkat dan Staf Desa serta para Ibu Hamil dan Ibu Balita.

Kegiatn dibuka oleh Bapak Murlawa selaku Kepala Desa Bira yang kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Ibu Hj. Nihlawani dan Ibu Nuridah Selaku Narasumber pada kegiatan tersebut.

Hj. Nihlawani dalam materinya menyampaikan bahwa Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu. Selain itu beliau juga menyampaikan tujuan Kelas Ibu Hamil diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan tentang kehamilan, tanda-tanda kehamilan, perubahan-perubahan fisik pada saat kehamilan, perubahan emosional, perawatan kehamilan, persalinan baik itu normal maupun operasi hingga proses nifas setelah melahirkan.

Dari materi yang disampaikan saya harap kepada ibu-ibu yang hadir terutama para kader posyandu untuk selalu menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak menikahkan anak-anak dibawah umur terutama dibawah 21 Tahun sebab pernikahan diusia dini terlalu beresiko dalam masa kehamilan hingga melahirkan.”Tegasnya.

Tidak hanya itu beliau juga berpesan kepada para ibu-ibu hamil yang mengkuti kelas Ibu Hamil untuk tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung banyak gula seperti sirup DHT maupun ABC sebab minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan Ibu dan Janin.

Disisi lain Nuridah selaku Ahli Gizi Puskesmas Bontobahari dan Narasumber pada kegiatan ini juga menambahkan bahwa dalam masa-masa kehamilan diharapkan para ibu hamil untuk selalu meperhatikan kecukupan gizi. Sebab, kebutuhan gizi sangat diperlukan bagi ibu maupun janin.

Bagi ibu hamil yang sempat hadir pada kegiatan ini untuk selalu meningkatkan porsi makan meskipun pada saat awal kehamilan nafsu makan berkurang namun diharpakan sesering mungkin untuk makan meski hanya sedikit serta selalu memperhatikan jumlah karbohidrat, protein, lemak hingga vitamin yang terkandung dalam bahan makanan yang dimakan,” Harapnya.

Dengan adanya kelas ibu hamil ini diharapkan ibu hamil dapat memahami tentang pentingnya kesehatan pada masa kehamilan sehingga melahirkan bayi yang sehat, selamat dan bebas stunting.

Show More
Back to top button