Agenda dan Kegiatan

Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Penguatan Ketahanan Pangan Bibit Nabati dan Hewani

www.desabira.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bira menggelar Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Penguatan Ketahanan Pangan Bibit Nabati dan Hewani yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Pemerintah Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba pada hari Sabtu, 09 Desember 2023.

Kepala UPT Pembibitan Ternak Ir. Suriya Darma, S.Pt,M.Si.,IPM memberikan pelatihan perihal mengelola pakan kambing dengan baik dan benar kepada para peternak di Desa Bira. Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Penguatan Ketahanan Pangan Bibit Nabati dan Hewani tersebut dimulai Pukul 09:00 WITA.

Selain itu hadir juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bulukumba A.Uke Indah Permatasari,S.STP,M.Si yang juga sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut. Kepala Desa Bira yang diwakili oleh Sekretaris Desa Masnadi serta Perangkat dan Staf, Peternak Kambing dan para penerima Bibit. Kegiatan pelatihan yang dihadiri kurang lebih 30 orang ini adalah sebagai upaya pengoptimalisasian peternak-peternak di Desa dalam pemberian pakan sehingga menghasilkan hewan ternak unggul.

Pada materinya A. Uke menyampaikan kepada para peserta yang hadir bahwa program ketahanan pangan merupakan program prioritas kementrian desa yang mewajibkan kepada setiap desa untuk mengalokasikan Dana Desa maksimal 20% untuk program ketahanan pangan baik itu untuk pengadaan bibit nabati maupun hewani berdasarkan potensi dan kondisi yang ada di Desa.

Menurutnya program ketahanan pangan ini bukan hanya mengenai pendataan, perencanaan dan pelaksanaannya saja melainkan perlu adanya pengawasan dan pendampingan sehingga ada kolaborasi didalamnya.

Selain itu beliau juga mengatakan munculnya program ketahanan pangan baik itu nabati maupun hewani merupakan program pemberdayaan kepada masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya serta sebagai upaya pemerintah dalam persiapan menghadapi krisis pangan kedepannya agar kemiskinan dan kelaparan tidak merajalela.

Program ketahanan pangan ini juga menjadi atensi perhatian oleh bapak Bupati karna dianggap bahwa program ketahanan pangan ini yang akan membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonominya. Melalui pembagian bibit kambing yang telah dibagikan oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat diharapkan adanya perputaran ekonomi di Desa kedepannya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan pakan ternak oleh Bapak Suriya Darma, beliau menyampaikan kepada para peserta bahwa untuk menghasilkan hewan ternak yang berkualitas maka perlu diperhatikan komposisi pakan yang diberikan. Kali ini beliau mempraktekan cara pembuatan pakan yang difermentasi.

Pakan Fermentasi adalah salah satu pengolahan pakan untuk meningkatkan kualitas pakan. Fermentasi pakan adalah upaya peningkatan kualitas pakan yang dilatarbelakangi kekurangan pakan ternak terlebih pada saat kemarau.Pemberian pakan fermentasi pada ternak dapat memberikan manfaat karena ternak mendapatkan asupan pakan yang berkualitas,”jelasnya.

Pada pembuatan pakan fermentasi tersebut beliau menyampaikan cara-cara membuat pakan mulai dari mencampurkan EM4, Air dan Molases atau Tetes Tebu. Beliau juga mengatakan kepada para peserta pelatihan jika tidak tersedia Molases bisa mengganti dengan gula merah atau gula pasir.

Molases atau tetes tebu ini berfungsi untuk menjadikan bahan pakan menjadi lunak.Sebab kandungan sukrosa yang tinggi sehingga bisa meningkatkan selera makan hewan ternak.

Lebih lanjut beliau kemudian mengajak para peserta pelatihan untuk mencampurkan Jerami padi yang diletakkan diatas terpal sambil ditaburi dengan dedak dan disirami dengan larutan tadi. Setelah itu campuran tadi dimasukkan kedalam drum sambil diinjak-injak agar padat kemudian ditutup dan didiamkan selama 28 hari atau 1 bulan untuk siap digunakan.

Sebelum kegiatan berakhir para peserta pelatihan yang hadir diberi obat-obatan untuk hewan ternak berupa vitamin dan obat cacing untuk diberikan pada sapi maupun kambing.

Show More
Back to top button